Twitter Marketing – Cari Uang di Internet Menggunakan Twitter


Sumber: koharonline.com

Twitter Marketing adalah cara yang belakangan begitu banyak orang memperbincangkannya, tapi tidak semua orang terjun kedalam social media ini, mengapa ? karena beberapa orang masih buta terhadap hal ini. Dan mereka menganggap twitter sebagai permainan asing. mudah saja hal ini bisa terjadi, karena mereka tidak mau belajar hal baru untuk memarketingkan produk mereka.

Melalui tulisan blog kali ini ,saya ingin menjelaskan bagaimana menggunakan twitter secara mudah. Dari bahasa yang akan dipergunakan hingga bagaimana cara memarketingkan produk Anda dengan twitter. saya yakin dengan menambah 1 channel promosi lagi dalam bisnis internet Anda, tentunya akan meningkatkan keuntungan Anda juga.

So bagi Anda yang belum memiliki account di twitter, bisa segera ke Twitter (dot) com , Anda pilih signup dan ikuti semua langkah yang tertulis, username disini bisa Anda gunakan juga untuk kepentingan marketing, dibandingkan Anda tulis dengan nama Anda bukankah lebih baik diganti dengan nama produk atau niche Anda ? sehingga akan lebih search engine friendly dan kemungkinan akan muncul lebih tinggi saat orang mengetikkan kata tersebut di search engine

Dalam twitter ada 2 hal dasar yang perlu diperhatikan, yakni followers dan following , dimana followers adalah para pengikut kita dan following adalah kita mengikuti siapa. Jika dalam bahasa internet business ini adalah seperti, followers adalah para subscriber newsletter kita, dimana setiap kita posting hal apapun, mereka akan membacanya. Dan following adalah kita menjadi subcriber dari newsletter orang lain, setiap orang tersebut update status maka kita akan melihatnya di wall kita.

Nah dalam segi marketing, semakin banyak follower kita maka akan semakin banyak jumlah orang yang melihat update status kita. dan berarti saat kita memasarkan sebuah produk akan memperbesar peluang terjadinya penjualan. ingat apa yang saya analogikan diatas, bahwa follower sama dengan subscriber newsletter kita, sehingga hal ini mirip dengan database di autoresponder. Tapi 1 hal yang perlu diperhatikan, tingkat kedekatan Anda di twitter belum tentu sama besarnya dengan tingkat kedekatan Anda dengan subscriber Anda di autoresponder.

Dalam twitter kita juga belajar tentang adanya trend , jadi seperti saat seorang sutradara indonesia berjanji akan tampil tanpa busana di circle-K jika mencapai sekian followers, dan hal ini mendapatkan reaksi dari teman-teman pengguna twitter di indonesia, dan dalam waktu singkat hal tersebut menjadi trend di twitter, begitu juga saat terjadi gempa, bom dan hal-hal yang mencengangkan , membuat hal tersebut menjadi trend di twitter. Tips untuk membuat orang lain mau melakukan retweet (menggunakan status Anda di status mereka) adalah dengan membuat sebuah cerita shocking , layak berita, dan mungkin bisa bermanfaat bagi orang lain. sebuah topic akan menjadi trend jika keyword tersebut sangat banyak sekali orang yang menggunakannya di twitter, nah untuk membuat orang mau menggunakan keyword tersebut , tentunya follower Anda harus melakukan retweet terhadap status Anda

Lalu ada yang namanya @ reply ,ini adalah bentuk komunikasi dalam twitter yang hany terjadi 2 arah, antara Anda dengan orang yang dituju. Langkah pertama adalah dengan @reply dimana status Anda dimulai dengan @username orang yang dituju, ini akan langsung melakukan tweet tentang apa yang sedang Anda kerjakan, atau ingin katakan kepada user tersebut. Cara kedua bisa juga menggunakan @username dalam tweet Anda tapi tidak diawal kalimat.

direct message hampir sama dengan @ reply , bedanya adalah direct message tidak muncul diwall Anda, ini sama halnya seperti inbox di dalam email.

Nah, ada hal unik didalam twitter, yakni ada yang dinamakan FollowFriday , ini adalah sebuah konsep yang diciptakan oleh pengguna twitter sendiri, apa yang dikerjakan, yakni Anda merekomendasikan tentang apa konten bagus yang sedang Anda pikirkan. ini seperti sebuah tradisi yang terjadi setiap hari jumat, dan biasanya banyak pengguna twitter yang berpartisipasi dalam hal ini.

hal lainnya yang perlu Anda ketahui saat ingin terjun di twitter yakni #topic – ini biasanya disebut sebagai “hashtag” , yakni melakukan pengelompokkan status twitter berdasarkan kata kunci (keyword). Orang biasanya melakukan searching di twitter menggunakan hashtags yang bisa mempermudah mereka untuk melihat semua update status tentang kata itu secara keseluruhan. Sehingga akan menghemat waktu mereka.

Nah, setelah Anda mengetahui dasarnya tentang twitter, sekarang bagaimana cara memarketingkan produk Anda di twitter, salah satu hal yang saya pelajari belakangan ini adalah, Anda bisa mengkombinasikan twitter dengan program CPA , saya mempelajari hal ini dari seorang marketer dari australia, bernama shaun stenning. Dia melakukan twitter marketing dengan sangat dahsyat. Bagaimana detailnya…

Cara yang dia lakukan adalah dengan melakukan signup twitter berdasarkan niche, bukan berdasarkan data personal. yakni misalkan tentang valentine, tentang tennis, dan hal apapun juga. Lalu dia mencari network CPA, dan mulai mencari follower sebanyak-banyaknya, setiap sekian menit dia melakukan tweet status terbaru dengan link ke program CPA tersebut. dan bukan 1 account tapi bisa hingga 10 account. (tahan napas dulu, saya tau ini adalah cara yang panjang dan banyak)… dan tahukan dalam setiap tweet yang dilakukan bisa mendapatkan sekitar 5-14$ untuk setiap accountnya, dan ingat tweet yang dilakukan adalah setiap sekian menit , bukan sekian hari..

Jika Anda ingin bermain secara manual , Anda bisa memulai dengan 1 account, mencari niche Anda, lalu mencari follower Anda sebanyak-banyaknya. Dan setelah itu Anda mulai melakukan tweet iklan network CPA Anda di status Anda setiap sekian menit. maka Anda akan mendapatkan uang yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Tapi bagaimana jika semua hal diatas bisa diselesaikan dengan menggunakan software ?

Ini adalah salah satu cara mencari uang di internet menggunakan twitter marketing. Dan masih adalah cara-cara lainnya menggunakan medium twitter sebagai mesin pengghasil uang bagi Anda, tapi ingat setiap media ada masanya. Mungkin twitter tidak akan bertahan lama, kira-kira 1 hingga 2 tahun kedepan dan trend akan berpindah lagi. So, pastikan jangan menaruh semua telur emas anda didalam 1 keranjang. Pastikan Anda memiliki multiple internet income stream (aliran penghasilan dari berbagai sumber di internet) , sehingga saat trend twitter turun Anda tetap menghasilkan penghasilan bulanan

Advertisements

9 comments on “Twitter Marketing – Cari Uang di Internet Menggunakan Twitter

  1. sy jg sdg coba bljar twitter. tp bingung gmana cara nyari follower yg bnyk. kalo cari following sih gampang,tinggal sekali click. ajarin donk!! syukron.

  2. sy jg sdg coba bljar twitter. tp bingung gmana cara nyari follower yg bnyk. kalo cari following sih gampang,tinggal sekali click.
    ajarin donk!! syukron.

  3. gmn mas supaya dpt banyak follower?
    cara paypal di twitter gmn?
    kena brapa biar paypal kita aktif?
    syukron, jzk akhi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s