Makmum Masbuk


ini merupakan cerita dari temen Q yang kebetulan Q berada di sana waktu peristiwa ini terjadi…

sebut saja nama temen saya ini dg inisial K, setelah pulang kuliah dia langsung bergegas ke mesjid untuk menunaikan sholat ashar, namun dia terlambat untuk melaksanakan sholat berjamaah dengan orang2 lain…

kemudian dia memutuskan untuk menjadi makmum masbuk untuk mengikuti sholat dari s “MR X”.kira2 usianya masih 18 atau 19 tahunan lah..kemudian langsung saja si K menepuk pundak si MR X. namun si MR X tidak memberi respon bahwa dia sekarang jadi imam, tentu saja temen saya si K ini bingung, mau ngikutin atau gak. Kemudian ditunggulah si MR X tadi sampai berdiri kembali dari sujudnya.

Setelah MR X dapet 1 rakaat, ditepuklah pundaknya sekali lagi oleh si K, lalu si K pun terkejut, “apa kau?”, kata si MR X sambil menoleh ke belakang dg wajah yg marah dan sedikit malu2 (maklumlah si K ini tampangnya lebih senior dari pada si MR X)..kemudian si K membalas, “saya mau jadi makmum”, katanya..kemudian dijawab oleh si MR X, “saya dari tadi sholat sendiri”..kebetulan temen saya si K ini orangnya bijak bgt, langsung saja dia bilang dengan tenangnya, “ya udah, kita sholat jemaah aja lagi, biar saya jadi makmumnya”.

tak lama kemudian saya pun datang karena baru saja ambil wudhu, serasa tak terjadi apa2 aja waktu tu.kebetulan mereka belum memulai sholatnya, dan langsung si K saya suruh mundur buat menyesuaikan syafnya dengan saya.sholat ashar itu pun terasa hikmat buat saya, namun saya gak tau apa yang sedang ada dalam fikiran si K dan si MR X itu pas sholat..setelah salam, MR X menyalami kami, lalu berdoa dan kemudian dia bergegas pulang duluan..

Setelah selesai semuanya, Si K pun mulai bercerita dengan saya, dan saya gak kuat menahan ketawa nih….astagfirullah…

Leave a Reply

