Pelarangan Akses Jejaring Sosial di China



Beruntunglah kita orang Indonesia yang masih bebas lalu lalang di dunia maya dengan situs jejaring sosial yang bebas dan gratis lagi. Namun ini tidak dirasakan oleh orang-orang china di negaranya. Meraka sangat dikekang seklai dalam penggunaan situs-situs dunia maya, terutama situs jejaring sosial ini.

Berikut ini berita yang berumber dari Detiknet.com

Tak ada pilihan lain bagi pecandu Facebook di China yang memakai Opera Mini untuk tetap eksis di situs jejaring itu. Sejak tanggal 20 November, perusahaan web browser berbasis Java ini telah memutuskan untuk memperketat akses ke Facebook.

Ketatnya pemblokiran dan pelarangan akses ke banyak konten online di China memang bukan hal baru lagi. Namun masyarakat masih bisa sembunyi-sembunyi mengakses konten terlarang seperti Facebook lewat jalan tikus, salah satunya adalah lewat Opera Mini.

Akan tetapi, kini Opera disinyalir turut tunduk pada pemerintah negara tirai bambu itu untuk mau menutup akses ke situs jejaring populer tersebut. Opera, pada minggu ini telah meminta pada semua usernya di China untuk berpindah ke versi baru yang memakai filter lokal.

Opera Mini baru versi China ini berbeda dengan yang versi internasional. Halaman website yang diakses melalui Opera versi China harus melalui penyaringan dulu sebelum bisa dinikmati oleh pengguna web browser ini.

“Pengguna Opera Mini di China kini memakai server China agar halaman website mereka dikompress dan diproses dulu sebelum dikembalikan ke ponsel masing-masing,” ujar perusahaan itu dalam sebuah pernyataannya seperti yang dilansir detikINET dari BBC, Kamis (26/11/2009).

Perusahaan terkait belum mau membicarakan alasan mereka mengenai perubahan ini. Namun mereka mengkonfirmasi bahwa user di China tidak punya pilihan selain harus mengupgradenya dan memakai server proxy lokal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s