Ujian Nasional Ditiadakan??



Kenapa kita mesti takut dengan Ujian Nasional sih??yang takut siswanya, orang tuanya, pemerintahnya atau Mahakamah Agung nih??

Meski putusan Mahkamah Agung melarang pelaksanaan ujian nasional, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tetap beranggapan ujian nasional penting untuk mengukur standar kemampuan pelajar. Meski begitu, Ketua BSNP Djemari Mardati mengatakan, semua ini terserah kepada pemerintah.

Putusan MA diumumkan dalam situs Mahkamah Agung. Dalam putusannya MA menolak kasasi yang diajukan pemerintah sebagai tergugat. Menyikapi putusan ini, pemerintah akan mengajukan Peninjauan Kembali (PK) [baca: Mahkamah Agung Larang Ujian Nasional].

Proses hukum terkait pelaksanaan ujian nasional bermula dari gugatan warga negara atas pelaksanaan ujian nasional sebagai syarat kelulusan. Pengadilan kemudian memenangkan para tergugat. Pemerintah selanjutnya mengajukan banding dan kasasi yang kemudian ditolak. Putusan MA ini disambut baik sejumlah pihak.

Sejumlah siswa sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, menggelar sujud syukur menyambut putusan Mahkamah Agung yang melarang pemerintah melaksanakan ujian nasional. Berdasarkan pantauan SCTV, Kamis (26/11), para siswa pun berdoa bersama agar Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh setuju untuk meniadakan ujian nasional [baca: Mahkamah Agung Larang Ujian Nasional].

Kendati di berbagai daerah lain masih terjadi pro dan kontra menyambut putusan ini, para guru di Tangerang, Banten, justru menyambut baik keputusan tersebut. Lain lagi dengan di Jakarta. Sejumlah kepala sekolah mengaku belum mendapat pemberitahuan resmi tentang larangan ujian nasional. Mereka pun bingung karena telah menyiapkan pelaksanaan ujian nasional tahun ini.

Terkait hal itu, pengamat pendidikan Arief Rachman menilai ujian nasional bisa saja dilaksanakan, tapi dengan sejumlah perubahan. Seperti apakah akhir dari pro dan kontra ujian nasional ini Tentunya, banyak pihak menantikan langkah pemerintah selanjutnya. Selengkapnya, simak video berita ini.

Inilah gambaran pendidikan kita di Indonesia malukah, banggakah atau no comment???

Menurut saya Ujian Nasional tuh gak terlalu sulit-sulit banget, asalkan kita mau belajar, dan yang pasti yakin dengan kemampuan kita. Saya aja yang bego gini bisa lulus Ujian Nasional..hehehe

sumber : SCTV Liputan6.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s