Apple VS Psystar


VS

Impian untuk menginstall Operating MacOS di PC ( x86 Desktop, Notebook, Netbook ) bukanlah hal sulit untuk saat ini. Psystar sudah membuat semua iso image untuk boot dari CD dan mengkamuflase ( menyamarkan ) PC kita seolah-olah Apple Hardware. Produk tersebut dilabel Psystar Rebel EFI.

BootCD ini membantu kita menginstall MacOS Retail ( Leopard atau Snow Leopard ) ke PC kita. Bagi yang sudah mengenal hackintOsh, bukanlah hal sulit, tetapi dengan menggunakan bantuan Psystar Rebel EFI ini akan mengurangi ketergantungan kita akan distro hackintOsh.

Dengan Psystar Rebel EFI ini kita pun bisa melakukan dualboot atau lebih Operating System di PC kita ( tapi aku sendiri masih suka si chameleon ).

Sistem operasi Mac OS X kini tak hanya bisa diinstall di PC Macintosh. Psystar Open Computer menawarkan PC dengan fitur lebih komplit, memasukkan Blu-ray drive. Pilihan menarik bagi yang membutuhkan media penyimpanan dalam jumlah besar, sementara Blu-ray belum didukung oleh Macintosh.

Kloning PC Mac, Psystar yang dilengkapi drive Blu-ray ditujukan untuk memenuhi kebutuhan penggemar Mac OS X yang diabaikan oleh Steve Jobs. CEO Apple ini menganggap Blu-ray belum diperlukan.

Meskipun PC Psystar dapat mengakses Blu-ray, tapi tidak dapat secara maksimal memutar film high-definition. Sedangkan untuk membakar CD, tanpa dukungan Mac OS pada player Blu-ray maka perlu menggunakan software Roxio Toast 9. Apple tampaknya sudah mendekati memberikan lisensi teknologi Blu-ray agar pemutar CD ini kompatible dengan Mac OS X.

Apple berang bukan main dengan perusahaan Psystar yang dituding melanggar hak ciptanya. Apple pun meminta hakim di pengadilan California untuk menghentikan sepenuhnya penjualan produk Psystar.

Apple dan Psystar telah bertarung di pengadilan sejak Juli 2008. Apple menuding Psystar melanggar 8 hak patennya. Memang, Psystar menjual software yang mirip dengan sistem operasi Apple, OS X.

Psystarpun akhirnya menemui jalan buntu menghadapi tuntutan dari Apple. Berita dari The Mac Observer menyebutkan bahwa Psystar telah bangkrut di Florida pada hari Kamis kemarin karena dituntut habis-habisan oleh Apple. Yang menjadi pertanyaan adalah, “siapa sebenarnya orang dibelakang Psystar yang mendanai perang di meja hijau menghadapi Apple ini?“. Sepertinya lanjutan pengadilan tuntutan atas 2 perusahaan ini akan di tunda dikarenakan pihak Psystar telah mengalami kebangkrutan dikarenakan tekanan dari Apple yang menuntut jumlah uang yang tidak disangka nominalnya. Tetapi sampai saat ini Psystar masih saja menjual Warez secara online melalui website mereka. Akan seperti apa kelanjutan cerita dari 2 perusahaan ini? kita tunggu saja nanti siapa yang akan memenangkan atas pengadilan ini.

Advertisements

One comment on “Apple VS Psystar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s