Bluescreen (BlueScreenView)


Mengenal Error Blue Screen Pada Windows

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Error ini yang paling sering muncul pada saat terjadi Blue Screen.
Pesan kesalahan ini biasanya disebabkan kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.
Penyebabnya:
– Driver yang bentrok atau tidak cocok
– Permasalahan pada Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
– Permasalahan pada Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)


Pesan error ini setidaknya sudah sedikit memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya.
Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan error seperti ini, dapat disebabkan karena:
– Overclock Hardware yang berlebihan
– Komponen komputer yang terlalu panas
– BIOS yang korup
– Memory dan CPU yang cacat

4. DATA_BUS_ERROR
Pesan error ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

8. BAD_POOL_CALLER
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

9. PEN_LIST_CORRUPT
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM

10. MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan error ini disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

Sebagai pengguna Windows, kemungkinan besar Anda pernah melihat atau mengalami sendiri kejadian crash dan munculnya pesan error dalam layar biru atau yang dikenal sebagai Blue Screen of Death (BSoD). Kejadian tesebut umumnya terjadi karena adanya masalah sistem Windows yang cukup serius, file DLL yang tidak kompatibel atau masalah dengan hardware yang digunakan. Pada saat BSoD ini terjadi, Windows akan membuat sebaih file minidump yang menyimpan informasi mengenai kejadian crash tersebut, yang mungkin nantinya dapat digunakan untuk menganalisa mengapa hal tersebut terjadi. Untuk kemudahan membaca file minidump yang dibentuk, Anda dapat menggunakan BlueScreenView.

Dengan BlueScreenView, melihat isi file minidump Windows akan semakin mudah dan cepat, bahkan Anda dapat melihat kembali tampilan layar biru yang sebelumnya terjadi.

BlueScreenView yang hadir sebagai program yang dapat diinstall maupun portable ini, begitu dijalankan akan menscan file-file minidump yang tersimpan. Dengan melihat waktu crash (Crash Time) yang sebelumnya terjadi, Anda dapat memilih file minidump (.dmp) mana yang akan Anda lihat. Dengan preferensi default, pada jendela bagian bawah, Anda akan diperlihatkan daftar semua file-file driver yang digunakan pada saat crash terjadi. Melalui menu Option – Lower Pane Mode, Anda dapat menggantinya dengan mode Only Drivers Found in Stack atau Blue Screen in XP Style yang akan menampilkan tampilan dalam layar biru.

BlueScreenView Features

  • Automatically scans your current minidump folder and displays the list of all crash dumps, including crash dump date/time and crash details.
  • Allows you to view a blue screen which is very similar to the one that Windows displayed during the crash.
  • BlueScreenView enumerates the memory addresses inside the stack of the crash, and find all drivers/modules that might be involved in the crash.
  • BlueScreenView also allows you to work with another instance of Windows, simply by choosing the right minidump folder (In Advanced Options).
  • BlueScreenView automatically locate the drivers appeared in the crash dump, and extract their version resource information, including product name, file version, company, and file description.

BlueScreenView merupakan freeware yang dapat digunakan pada Windows XP, Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows Vista, dan Windows 7.

Download bluescreenview

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s