Cara Membuat File Torrent


Membuat file torrent tidak sesulit yang dibayangkan. Saat ini Torrent sangat populer sebagai media untuk berbagi file melalui jaringan P2P (Peer to Peer), banyak di antara Anda mungkin sudah mendownload beberapa file torrent, tapi bagaimana jika Anda ingin untuk membuat dan berbagi video pernikahan Anda sebagai torrent di antara beberapa teman-teman Anda.

Berikut ini adalah tutorial sederhana yang akan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya untuk membuat file torrent, Anda akan memerlukan klien BitTorrent untuk membuat sebuah file torrent. Dalam tutorial ini kita akan menggunakan klien populer uTorrent, sebagian besar klien BitTorrent lain akan memiliki cara yang sama atau mirip langkah-langkahnya untuk membuat sebuah file torrent.

Langkah 1 – Buat file Torrent baru: Buka uTorrent–>File–>create a new torrent

https://i0.wp.com/img44.imageshack.us/img44/7821/utorrentcreatenewtorren.png

Langkah 2 – Pilih File atau Direktori: Pada jendela baru yang terbuka, pilih file atau folder yang Anda inginkan untuk berbagi dengan keluarga atau teman-teman Anda. Anda juga dapat melewatkan file tertentu di dalam sebuah direktori.

https://i1.wp.com/img44.imageshack.us/img44/9494/selectfileordirectoryfo.png

Langkah 3 – Menambahkan Tracker: A Bit Torrent tracker pusat mengkoordinasikan P2P transfer file di antara pengguna. A torrent tanpa server pelacak tidak ada gunanya, sehingga Anda perlu untuk menemukan dan menggunakan server pelacak. Anda dapat menggunakan salah satu dari pelacak bebas berikut untuk berbagi file Anda.

http://open.tracker.thepiratebay.org/announce

http://www.torrent-downloads.to:2710/announce

http://www.sumotracker.com/announce

Langkah 4 – Start seeding: Sebelum salah satu dari keluarga atau teman-teman dapat men-download data, perlu dibagi. Di bawah “Other option”, pilih “start seeding” dan klik “Create and save as” tombol untuk membuat torrent.

https://i2.wp.com/img268.imageshack.us/img268/8907/utorrentstartseedingtor.png

Langkah 5 – Berbagi dengan keluarga dan teman-teman: Setelah Anda menciptakan file torrent, Anda dapat mengirimkan email kepada teman dan keluarga Anda yang dapat men-download konten ke PC mereka dan terus membaginya dengan orang lain.

Anda juga dapat meng-upload torrent ke server publik, tetapi hanya lakukan jika anda ingin berbagi file dengan masyarakat umum.

Advertisements

16 comments on “Cara Membuat File Torrent

  1. Itu sistemnya gimana ya torrent? apa kita upload semua file dulu ke server/hosting orang. Atau kita cuma upload ketika ada yang download? Istilahnya cuma kaya memberi feed. Jadi kalo kita gak OL, orang gak bisa Download. Masih bingung sistemnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s