Chrome OS (Open Source)


Semakin seru banget persaingan pasar operating system komputer, saat microsoft tidak mau membagikan OS buatannya windows, kemudian orang membuat sistem operasi yang gratis dan open source seperti linux, dan baru-baru ini kira-kira pertengahan 2009 muncul sistem operasi yang teranyar (masih perawan dari hacker ^_^ ) Chrome OS yang dibuat oleh mbah google, salah satu perusahaan yang terkenal dengan search enginenya google.com dan messengernya gmail.com serta terkenal akan web browsernya google chrome.

Berdasarkan yang saya baca pada detikinet.com ada 5 keuntungan memakai Chrome OS:

1. Booting yang Cepat
Chrome OS sama seperti sebuah televisi saat dinyalakan. Tidak memiliki jeda waktu booting yang lama, karena tak memiliki aplikasi lokal yang membatasi ruang gerak hardware.

2. Masalah Keamanan
OS ini diintegrasikan dengan Chrome browser. Dengan demikian maka selayaknya browser, OS ini akan langsung mengupdate sistem keamanannya secara default. Hal ini masih ditambah lagi dengan penyimpanan data secara fisik dalam storage yang kini dirancang minimalis. Pasalnya semua data dapat disimpan secara online.

3. Dukung Arsitektur X86 dan ARM
Google berjanji untuk mengaplikasikan baik arsitektur X86, ARM dan code-code populer bagi netbook lainnya.

4. Menu Aplikasi
Sebuah aplikasi web yang baru kini dapat ditemui dalam menu aplikasi secara permanen pada Chrome OS ini. Hal ini akan membantu pengguna untuk mencari sebuah aplikasi baru langsung secara online. Selain memudahkan pengguna menu aplikasi ini juga menguntungkan pihak pengembang.

5. Akur dengan Microsoft Office
Walau Microsoft dengan Windows-nya merupakan pesaing berat mereka, namun Chrome OS ini ternyata juga mendukung dijalankannya dokumen office. Saat peluncuran Chorme OS, Pichai juga mendemokan bahwa Chrome dapat membuka sebuah dokumen via Microsoft office live. Microsoft office live adalah sebuah aplikasi web gratis bagi pengguna Windows live. Saat pengguna membuka sebuah dokumen berekstensi .xls, Chorme OS akan langsung membuka Excel via Microsoft Office Live secara online.

Berhubung Chrome OS masih pemain baru otomatis mulai banyak para hacker yang mengincar kelemahan dari chrome os ini. Seperti yang sama-sama kita dengar, google mesti gulung tikar di Negri tirai Bambu China gara-gara ulah para hacker-hacker cantik negri tersebut.

Mendengar munculnya OS terbaru yang open source ini tentu pemilik Microsoft si Om Bill Gates tidak tinggal diam, mungkin karena takut tersaingi ya, karena linux masih gagal menyaingi kekuatan microsoft di dunia ini. Berdasarkan berita pada  tekno.kompas.com Bill Gates mengatakan Chrome OS tak lebih dari Linux. Menurutnya, sistem operasi yang dibesar-besarkan Google itu hanya salah satu dari sekian banyak distro Linux. Ada banyak sekali bentuk sistem operasi Linux di mana-mana dan dipaket dengan cara-cara berbeda dan manfaat berbeda. Menurutnya, tidak ada yang benar-benar baru dari Chrome OS. Ibaratnya sebuah browser yang ditanamkan pada netbook yang telah menjalankan Android. Namun, ia mengaku justru terkejut karena tanggapan banyak orang tentang Chrome OS berlebihan. Bill Gates berpendapat bahwa browser sebagai sistem operasi hanya penyalahgunaan terminologi. Menurutnya, browser seharusnya hanya dapat menjalankan aplikasi, berbagai plug-in, dan pekerjaan hanya menunjukkan konsep browser yang lebih luas.

Wah!! terlalu menghina dan menjatuhkan kreatifitas orang lain ya!!! Mungkin dia sedang berada di atas, jadi kata2nya seperti itulah…

Mampukah CHROME OS Menyaingi Windows??????

Tertarik mencoba mengunakan Chrome OS via USB, caranya (obengware.com)

Cari file chromiumos.img banyak beredari di jaringan Bitorrent. Atau berita sebelumnya  melalui Hexxeh’s Website download di tracker Bitorrent here1dan here2

Dibawah ini informasi bagaimana mengunakan Chromium OS ke USB

Untuk Windows
Download Image Writer for Windows (http://bit.ly/7gRu0n) and extract the
program. Launch the program, and select the image (chromiumos.img) and
your USB drive letter from the drop down box. Click “Write”.
The install image will then be copied to the drive. Once it’s done,
Link close the program and you can then boot from the USB drive.
Download Win32Diskimager
Untuk Linux
Linux Instructions for installing Chromium OS to USB.

Extract chromiumos.img and run the following command in the same
directory as the file, where X is the device name of your USB drive.

sudo dd if=chromiumos.img of=/dev/X bs=4M

Once the command finishes, you can then boot from the USB drive.

File chromiumos.tar.gz adalah file kompress
Harus di extract dengan winRAR, dan harus dikeluarkan menjadi chromiumos.img 2.9GB

Gunakan Win32Diskimager untuk mengcopy file chromiumos.img ke USB flashdrive

Lalu pindahkan sistem boot computer ke USB
Hati hati mengunakan Win32 Disk Imager, pastikan flash drive anda kosong. Dan pastikan ketika memindahkan file img ke flash drive dengan letter drive yang benar

Download Chrome OS

Advertisements

2 comments on “Chrome OS (Open Source)

  1. fd saya 4 Gb, setelah saya write chromium OS menggunakan windows image writer, di win explorer fd saya terbaca hanya 250 Mb…bagaimana cara mengembalikan fd saya seperti semula? Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s