Sekolah Hacker di China Ditutup


Polisi di China bagian tengah menutup suatu tempat yang diduga menjadi sekolah pelatihan para peretas jaringan komputer (hacker). Tempat itu secara terbuka merekrut ribuan anggota secara online.

Para anggota diberi sejumlah pelatihan bagaimana mensabotase jaringan komputer atau internet (cyber attack) berikut piranti lunak sabotase (malicious software). Demikian ungkap media pemerintah, China Daily, Senin 8 Februari 2010.

Penggerebekan di provinsi Hubei itu dilakukan di tengah kekhawatiran bahwa China tampaknya menjadi pusat kejahatan internet tingkat global. Bulan lalu, pengelola laman terkemuka pencari informasi, Google, mengaku bahwa layanan email mereka disabotase oleh para hacker China, yang menyusup ke akun para aktivis hak asasi manusia. Mereka pun mengacak-acak jaringan komputer pada sedikitnya 20 perusahaan.

Dalam operasi di Hubei, polisi menangkap tiga orang. Mereka diduga mengelola suatu laman peretas yang disebut “Black Hawk Safety Net.” Laman itu memuat materi teknik-teknik sabotase dan piranti lunak Trojan.

Melalui program Trojan, peretas bisa menembus jaringan komputer dari luar dan selanjutnya bisa mengintip bahkan mengendalikan sistem komputer yang menjadi target mereka.

Black Hawk Safety Net telah merekrut lebih dari 12.000 anggota berbayar. Pengelola laman berhasil meraup pendapatan lebih dari 7 juta yuan (sekitar Rp 9,6 miliar) hanya dari iuran keanggotaan. Mereka pun menampung 170.000 anggota yang mendaftar keanggotaan secara gratis.

Dalam penggerebekan di Heibei, polisi menyita sembilan server, lima unit komputer, dan sebuah mobil. Mereka pun menutup semua laman yang terkait dengan kasus sabotase itu. Tak hanya itu, polisi juga membekukan aset para pelaku senilai 1,7 juta yuan (sekitar Rp 2,3 miliar).

Sementara itu, pejabat pemerintah Hubei menolak berkomentar atas penggerebekan itu.

Sumber : Vivanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s