Tentang Prosesor


Berawal di tahun 1936, Konrad Zuse mengembangkan komputer Z1 yang merupakan komputer pertama yang dapat di program secara bebas. Tonggak sejarah berlanjut di Hardvard pada tahun 1944, Howard Aiken & Grace Hopper mengembangkan Harvard Mark I Computer.  Akhirnya komputer ENIAC 1 yang terdiri dari 20,000 tabung elektronik memenuhi ruangan yang cukup besar dibuat oleh John Presper Eckert & John W. Mauchly di tahun 1946. Di masa perang dunia ke dua tersebut, konsep prosesor di kembangkan dengan mengandalkan tabung elektronik yang membutuhkan ruang yang besar.

Dengan di temukannya transistor di tahun 1947 di Bell Labs, Amerika Serikat oleh Walter Houser Brattain, William Shockley dan Jhon Bardeen, ukuran prosesor tidak lagi sebesar waktu pertama ditemukan.

Ternyata perkembangan komputer tidak bisa dipisahkan oleh penemuan-penemuan barang-barang elektronik lainnya ya?


Kecepatan Prosesor

  • Kecepatan Internal (Internal Bus) : yaitu dalam bahasa pasar dikenali sebagai CPU speed. Kecepatan 1GHz, 2GHz dan sebagainya merujuk kepada kecepatan internal. Semakin tinggi maka semakin cepatlah data tersebut diproses.
  • Kecepatan eksternal (External Bus) : merupakan kecepatan eksternal CPU harus disokong dengan kecepatan motherboard. Ia juga dikenali sebagai Front Bus. Sekiranya eksternal Bus untuk CPU tersebut adalah 400MHz maka motherboard harus mempunyai kecepatan Bus yang sama. Ekternal Bus berbeda diantara CPU yang berlainan. Semakin tinggi kecepatan eksternal bus maka prestasi komputer meningkat. Internal Bus boleh diibaratkan seperti highway 10 lorong, manakala External Bus pula adalah jalan jalur keluar highway yang hanya mempunyai 2 lorong. Walau besar atau lajunya suatu kendaraan di highway, bila tiba lajur keluar kenderaan tersebut terjadi kemacetan. Bayangkan sekiranya lorong lajur hanya satu lorong, maka kesesakkan akan berlaku bukan saja dilorong lajur keluar malah akan menyebabkan highway yang besar akan mengalami kemacetan. Jadi adalah perlu mempunyai External Bus yang besar untuk memastikan tidak akan terjadi kemacetan. Dari Tabel berikut dapat dilihat bahwa Pentium IV mempunyai kecepatan External Bus yang paling tinggi iaitu 400MHz sehingga 533MHz. Jadi tentulah CPU Pentium IV menjadi pilihan yang tepat untuk pemakai komputer yang mementingkan kecepatan.

[Jenis CPU ][Internal Bus] [External Bus ]
Intel celeron, 850MHz – 2.2GHz, 66 – 100MHz 400MHz (1.7GHz keatas)
Intel pentium 3, 450MHz – 1.33GHz , 133MHz
Intel pentium 4, 1.7 – 3.06 GHz, 400 – 533 MHz
AMD Duron, 1.0 – 1.3GHz, 200MHz
AMD Athlon, 1700+ – 2800+, 266 – 333MHz

  • Kapasitas memory cache (cache memory): Semakin besar kapasitas memori cache maka kemampuan CPU secara keseluruhan akan meningkat. Fungsi utama memori cache adalah untuk menyimpan olahan data yang telah diproses oleh CPU. Sekiranya terdapat olahan data yang sama, maka CPU tidak perlu memproses dari awal olahan data tersebut. Cache juga berfungsi sebagai penimbal (buffer) diantara CPU dengan memori utama kerana kecepatan cache lebih cepat. Sebagai contoh yang menunjukkan fungsi cache memainkan peranan penting di dalam kemampuan komputer. Coba lakukan pemasangan sistem operasi (operating system) Windows 98 dengan memori cache L1 (internal cache) dan L2 (external cache) dimatikan. Waktu pemasangan akan mengambil sekurang-kurangnya 3 jam berbanding sebelum memori cache dimatikan hanya mengambil waktu 45 minit. Ini kerana setiap file di dalam bentuk cab (cabinet) yaitu file tersebut telah dimampatkan (compress). File pertama dibuka agak lambat kerana perlu mengetahui cara-cara untuk uncompress dan file seterusnya CPU tidak perlu lagi belajar cara-cara untuk uncompress kerana telah tersedia disimpan di dalam memori cache. Sekiranya memori cache dimatikan maka setiap file, CPU terpaksa memproses dari awal cara-cara untuk uncompress file tersebut. CPU AMD Athlon dan Intel Pentium IV mempunyai kapasitas External cache yang sama. Untuk itu, pilihan Intel Pentium IV adalah lebih sesuai kerana kecepatan internal dan external Pentium IV lebih pada saat sekarang sangat tinggi.

[Jenis CPU ] [Internal Cache (L1 Cache)] [External Cache(L2 Cache)]
Intel celeron, 32 KB, 128KB
Intel pentium 3, 32KB, 256KB
Intel pentium 4, 12k µop + 8KB, 256KB
AMD Duron, 128KB, 64KB
AMD Athlon, 128KB, 256KB

Untuk mengecek komputer kita dapat digunakan software CPU-Z dapat didownload di sini

Suhu Prosesor

Suhu prosesor adalah hal penting yang perlu diperhatikan, karena semakin cepat panas suhu prosesor, maka kinerja prosesor akan melambat. Suhu prosesor akan sangat baik jika sangat rendah, kalau bisa sampai 0 ‘C , namun yang perlu diperhatikan yaitu, jangan sampai prosesor lembab saja.

Suhu normal prosesor unutk intel kira-kira 40 – 50 ‘C (komputer saya), sedangkan untuk AMD bisa lebih besar dari intel. Suhu ini dapat dipengaruhi oleh berapa banyak proses yang dilakukan dan berapa lama komputer hidup, jenis prosesor yang digunakan dan suhu ruangan juga mempengaruhi.

Jika suhu terlalu tinggi itu dapat mengakibatkan kerusakan pada prosesorny, untuk mengatasi proseor yang panas dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Periksa fan prosesor, apakah putaran (RPM) masih normal? kalau sudah termasuk tidak normal cobalah untuk dibersihkan atau ganti yang baru, soalnya resikonya besar buat prosesor.
  2. Lempengan pendingin , biasanya debu numpuk disana. Bersihkan dengan menggunakan kuas yang kecil.
  3. Periksa pasta yang terdapat antara pendingin dan prosesor, karena pasta memiliki jangka waktu yang terbatas, kalau sudah terlalu kering sudah kurang kemampuannya untuk menghantarkan panas ke pendingin. Kalau sudah ngga layak mendingan ganti dengan pasta yang baru.
  4. Periksa pula sirkulasi udara pada casing, percuma saja bila didalam banyak kipas tapi sirkulasi dari luar masih kurang.

Untuk mengecek berapa suhu prosesor kita dapat dilihat melalui bios atau dengan software SpeedFan, dapat didownload di sini

Advertisements

3 comments on “Tentang Prosesor

  1. Pingback: Sekilas Tentang Prosessor « serpihanbintang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s