Antrian Sepeda Motor di SPBU


Kami tertarik untuk meneliti sistem antrian sepeda motor di SPBU Jati ini karena setiap orang yang mengisi bensin pada siang sampai sore hari harus rela membuang percuma waktunya kira-kira selama 20 menit untuk antri di SPBU tersebut. Bayangkan saja jika waktu yang 20 menit itu terbuang sia-sia hanya untuk antri mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM), ditambah lagi dengan panasnya udara kota padang pada siang hari, bisa membuat kulit tambah hitam, apalagi jika waktu gempa, bisa sampai berjam-jam antriannya.

Sebenarnya waktu yang 20 menit tersebut jika digunakan untuk tetap berkendara dengan motor dengan kecepatan 60 Km/jam, maka bisa tertempuh jarak sejauh 20 Km, kira-kira dari Pasar Raya ke Pasar Baru.

Bayangkan saja jika ini terjadi saat kita mahasiswa teknik industri khususnya, sedang dikejar deadline laporan, tiba-tiba kehabisan bensin dan harus mengisi bensin tersebut di SPBU Jati, bisa telat laporannya dikumpul.

Sebenarnya sistem antrian pengisian BBM sepeda motor di SPBU Jati sudah baik, namun belum maksimal. Berikut permasalahan yang dapat Kami lihat di tempat pengisian bensin sepeda motor di SPBU Jati:

1. Pengendara sepeda motor melakukan setup saat sampai dan akan diisi bensinnya, sebenarnya mereka bisa melakukan setup saat mengantri.

2. Kebanyakan pengendara sepeda motor mengisi bensin secara full, sehingga mengakibatkan terlalu lama dalam sistem pengembalian uang.

3. Setelah pengendara sepeda motor selesai mengisi bensin, mereka umumnya menghidupkan motor di tempat pengisian tersebut, seharusnya mereka menggeser motornya maju dulu, kemudian menghidupkan motornya sehingga orang yang ngantri dibelakangnya tidak menunggu terlalu lama.

4. Layout stasiun-stasiunnya kurang baik, karena dapat terjadi idle pada pekerja SPBU, sementara pengendara motor sedang antri.

Advertisements
By agus deso Posted in Umum

One comment on “Antrian Sepeda Motor di SPBU

  1. Opininya bagus n sangat masuk akal… kalau itu dilaksanakan, taruhlah bisa hemat 10detik per motor. berarti 6 motor hemat 1 menit dan seterusnya…

    Sayangnya ndak semua orang yg pakai motor itu punya blog bro. hehehe 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s