Memperbaiki Keyboard Komputer (Jenis Ersys PS2)


Tulisan ini saya tulis karena saya mengalami sendiri saat salah satu huruf pada keyboard saya tenggelam ke dalam sehingga tidak bisa kembali ke awal. dengan modal nekat dan ilmu masih amatiran, langsung aja membuka keyboard ini.

Alat-alat yang digunakan:

  1. yang pasti sebuah obeng. gunakan obeng yang berukuran sedang sehingga bisa menjangkau sampai dalam.
  2. sebuah tisue, yang berguna unutk membersihkan bagian plastik yang menjadi PCB dari keyboard.
  3. dua bukuyang agak tebal untuk alas kedua sudut, yang berguna agar pada saat keyboard dibalik, maka tombolnya tidak tertekan.
  4. biar gak mono, hidupin lagu peterpan. hehehe

Langsung saja ke workshopnya dech:

  1. lepaskan terlebih dahulu keyboard dari PC anda.
  2. balikkan keyboar anda dan letakkan diatas dua buah buku yang letaknya di sudut dari keyboard yang bertujuan agar tombol tidak tertekan sewaktu keybord dibalik.
  3. buka semua bautnya dengan menggunakan obeng. Perlu diingat jangan sampai keyboard lari dari keduduakan buka, jika lari maka karet di dalamnya akan berserakan seperti gambar berikut
  4. apabila ini terjadi maka susunlah tombol-tombol dengan karetnya seperti menyusun puzzle, sehingga seperti gambar ini
  5. jika semua sudah tersusun, langsung pasang PCB plastiknya dan penitipnya. ingat, PCB plastik terdiri atas dua lapis, sehingga jangan sampai lepas ya, klo lepas, harus masangnya kembali dengan tepat
  6. pasang semua bautnya, ingat harus dipasang semua bautnya dulu baru langsung diuji coba, jadi anda harus yakin semua tombol dan karet sudah terpasang dengan benar. Waktu sayang melakukan uji coba dengan hanya masang baut di beberapa bagian, banyak tombol yang tidak berfungsi.

Sekian dulu pelajaran hari ini ya anak-anak…hehehe

tetap belajar dan berani mencoba..

^_^

Advertisements

13 comments on “Memperbaiki Keyboard Komputer (Jenis Ersys PS2)

  1. jiaaaaaaaaah
    gan cm bongkar duank ini laaah tehnik benerin nya mandraaaaaaaaaa hufh
    nenek buta jg bisa bongkar duank mah wkwkwkwkwk…
    yg jd masalah kan tuh keyboard rusak bs di benerin lg tak
    soale tuh keyboard ngedip sekali duank hbs itu diem aja ga bs di ketik and blank..
    pas booting jg di bilang keyboard failure…
    klo cm bongkar gt duank mah ane udah bolak balik ampe nuingging nungsep hahahaha ca[cay deeeeh

  2. makasih ya kak dah di kasih taw …….bisa tambah pengalaman nihhhhhhh……..
    fotonya yang lebih axis ya….. heheheheheheheh

  3. mas punya draiver Keyboard Komputer (Jenis Ersys PS2) ato link dwonlodnya? , punyaku hilang dan pc-nya habis di format, jadi gak bisa kepakai pungsi multimedia tu kybord

  4. syukur banget KEYBOARD yang rusak mudah2an bisa saya perbaiki tanpa harus memanggil tekhnisi jauh-jauh ya…
    tapi mas, penjelasan-NYa sepertinya kiurang akurat mas, season bongkar-membongkarnya cukup akurat mas, untuk season kedepanya cara memperbaikinya ya mas……. ok mas …. SALAM SUKSES MAS…….

  5. cara benerin keyboar komputer klo mau ngetik tu harus di tahan baru hurupnya nongol.padahal keybordnya baru beli.ke.apa ya.minta penjelasan gan

  6. ada tip yang bagus buat agan agan yg mau memperbaiki keyboard yang rusak
    beli alkohol atau bensin, trz buka baudnya semua, kalu udah lalu bersihkan pake kapas itu plastik pcb nya dengan bensin, trs kalo udah, pasang lagi baudnya trs dicoba, kalo masih ga jalan itu sisa bensinnya disiram aja ke keyboarnya lalu disunut roko dn buang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s