Tips dan Trik Agar Printer Tetap Awet


Kesal banget klo pas waktu dealine tugas, tiba-tiba saja printer gak bisa ngeprint, atau bisa ngeprint tapi putus-putus tintanya.

Berikut ini saya tunjukkan cara-cara saya agar performance printer agar tetap bagus (Saya make printer HP D2400):

  1. Isi tinta ke dalam Catridge yang sesuai dengan tipe catridenya, jangan sampai tinta untuk canon trus dengan seenaknya saja diisiin buat HP. Ingat saja nomor catridenya saat membeli tinta (klo untuk HP D2400 catridge 3 colornya bernomor 22 dan yang hitam bernomor 21). Catatan : biasanya tinta untuk canon lebih keras daripada HP
  2. Jangan biarkan printer tidak memprint terlalu lama, karena akan mengakibatkan tintanya mengering sehingga tidak bisa keluar dari catridnya saat memprint. Klo bisa memprintlah sekali seminggu hanya untuk menstabilkan cairan tinta di dalam catridge saja.
  3. Ingat, selalu mematiin printer jika memang tidak dipakai. Saya tidak tau alasannya, ini saya dapat dari sipenjual printer saya.hehehehe..alhamdulilah masih baik kok saya lakukan tips ini.
  4. Setiap mengisi tinta, selalu bersihin bagian catride yang ada tembaga-tembaganya dengan tisue atau kapas (jangan gunakan sesuatu yang lebih kasar dari tisue ya!!!, bayangin aja klo sampe copot tembaga kecilnya tuh, mau cari dimana tembaganya???hehehe), jangan sampai tembaganya tertutup dengan tinta atau benda-benda lainnya karena tembaga ini merupakan penghantar sensor-sensornya (elektrodanya).
  5. Jangan lupa bersihin juga sensor tembaga yang ada pada printernya, percuma kan klo catridnya dah bersih, tapi yang di printernya masih tertutup oleh tinta.
  6. Jangan lupa membersihkan tinta yang keluar banyak pada dasar catridge pada saat pengisian, karena jika tumpah ke kertas kan bisa berabeh.heheheeh
  7. Jangan lupa selalu membersihkan printer dari abu, atau sarang laba-laba, agar printer kita kelihatan baru terus, klo ada yang mau beli kan bisa kita tawarin tinggi..hehehe

O iya, saya ingat satu lagi, jangan sampe drivernya ilang ya, karena berdasarkan pengalaman saya satu driver hanya bisa untuk printer itu saja, misalkan driver HP D2400 punya si A hanya bisa untuk HP D2400 itu saja, tidak bisa digunakan untuk HP D2400 punya si B. Kecuali jika Anda menggunakan Windows 7, dijamin bakalan gak perlu instal drivernya sampai saat sekarang.

Ini bukan Hoaks atau berita bohong lainnya loh. Ini pengalaman saya, sampe sekarang (2007-2010) printer saya masih lancar-lancar saja, kemaren ngeprint 1 rim F4, lancar saja.

Nah ini dia printer yang saya sebut-sebut dari tadi


Dibuka harga penawaran pertama Rp. 500.000…..hahahaaahahaah

One comment on “Tips dan Trik Agar Printer Tetap Awet

  1. Printerkuw juga gitu…tapi terkadang (bahkan sering buangetzZ) ndak bisa nge-print optimal.
    terbentuk garis putih di tulisan yang ku print. gimana tuh?
    bahkan terkadang tertulis “tinta low” padahal tinta di catrider sampai amber?!
    terima kasih untuk sarannya! ^_^

Leave a Reply

