ANTI MENYONTEK DAN ANTI PLAGIAT


Akhir-akhir ini banyak sekali berita tentang tindakan mencontek massal oleh anak Sekolah Dasar. Sebenarnya tindakan mencontek, plagiat dan sejenisnya sudah ada sejak lama, namun mungkin kali ini saja yang apes, sampai dipublish sekali di media massa.

Karena hal yang mungkin sudah kelewat batas ini maka PEMIMPIN PERGURUAN TINGGI NEGERI/PEMERINTAH DAN KOORDINATOR KOORDINASI PERGURUAN TINGGI SWASTA SELURUH INDONESIA mendeklarasikan ANTI MENYONTEK DAN ANTI PLAGIAT karena plagiat ini dianggap awal dari koruptor. Berikut isinya:

Kami, Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri/Pemerintah dan Koordinator Kopertis seluruh Indonesia menyatakan:

(1) Pancasila sebagai ideologi negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia merupakan ide, nilai, moral, dan norma yang mendasari pola pikir, sikap, dan perilaku sehingga mewujud dalam karakter bangsa Indonesia;

(2) Karakter Bangsa ditopang oleh seperangkat nilai yang bersumber dari olah hati, olah pikir, olah raga/kinestetik, olah rasa dan karsa dalam bentuk nilai-nilai utama karakter: jujur, cerdas, tangguh, dan peduli;

(3) Budaya akademik perguruan tinggi sebagai totalitas nilai dan perilaku dalam kehidupan akademik harus dimaknai, dihayati, dan diamalkan oleh sivitas akademika, yang bertumpu pada nilai-nilai utama karakter: jujur, cerdas, tangguh, danpeduli;

(4) Dalam mewujudkan budaya akademik, sivitas akademika mempunyai tugas utama: mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;

(5) Perilaku menyontek dan plagiat merupakan bentuk tindakan tidak bermartabat yang harus dicegah dan ditanggulangi.

Oleh karena itu kami bertekad untuk meniadakan bentuk-bentuk tindakan menyontek dan plagiat di lingkungan perguruan tinggi demi menjaga martabat sivitasakademika.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan untuk mewujudkan komitmen ini.

Jakarta, 4 Mei 2011
Kami Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri/Pemerintah dan
Koordinator Kopertis seluruh Indonesia

Komitmen yang sangat perlu diacungi jepol dech, namun bagaimana nanti pelaksanaannya? kita tunggu saja, jangan sampai para pembaca tulisan ini malah yang jadi korban ya.

O iya, mungkin satu saja pesan saya, mulailah percaya diri dari hal-hal yang kecil, jangan pernah mencontek untuk hal-hal yang kecil, contohnya jika menulis blog memakai tulisan orang lain tuliskan juga sumbernya, sekurang-kurangnya kita juga jadi jujur, dan satu lagi, jika hal yang kita kutip tulisannya salah, maka yang salah bukan kita.

Jadi, tetap jaga diri, berpikirlah yang kreatif, jangan malu-malu mengungkapkan sesuatu, rajin-rajin membaca dan jangan lupa untuk selalu mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s