Komikus Indonesia (Tatang S.)


Tiba-tiba saja saya pengen nulis lagi di blog nih, setelah jenuh dengan tulisan dalam skripsi yang notabenenya harus nulis sesuai dengan EYD dan banyak kali aturannya. mending refressing sedikit lebih tepatnya nostalgia. kenapa ya nostalgia? kali ini saya akan mengungkap tentang siapa sih Tatang S.?
Nama Tatang S. mulai terbaca oleh saya pada saat umur belasan, kira-kira tahun 1995 pada buku-buku komik yang selalu saya baca (Petruk dan Gareng) setiap hari minggu. Karena tempat saya hari pasarnya hari minggu (#ndeso) dan ceritanya selalu update seminggu sekali. Siapakah sebenarnya Tatang S. ini?

Tatang S. bernama lengkap Tatang Suhendar. Pada tahun 1970-an, kabarnya, ia pernah menjadi komikus yang bayarannya paling tinggi di Bandung. Ketika itu, ia dikenal sebagai komikus cerita-cerita silat. Karena ambisinya dalam mencipta komik sangat besar, tidak jarang ia sering ‘berbenturan’ dengan rekan-rekannya sesama komikus. Kasus yang menonjol adalah ketika ia terlibat ‘perang komik’ dengan Ganes TH. Ganes merupakan seorang komikus yang kesohor dengan karyanya, ‘Si Buta Dari Goa Hantu’. Pada suatu ketika, Ganes pindah dari sebuah penerbitan. Penerbit tersebut tak terima dan sakit hati dengan kepindahan Ganes. Tak lama kemudian Tatang direkrut oleh penerbit itu untuk menyaingi komik sohor karya Ganes. Tatang lalu membuat komik ‘Si Gagu dari Goa Hantu’ untuk menyaingi ‘Si Buta dari Gua Hantu’-nya Ganes. Lalu apa yang terjadi? Ternyata komik karya Tatang ini cuma beredar sebanyak tiga edisi sampai akhirnya dibredel. ‘Si Gagu dari Goa Hantu’-nya Tatang membuat dunia perkomikan Indonesia gempar. Secara tidak langsung, Tatang telah menjadi korban pemainan penerbit, sehingga karir Tatang sebagai seorang komikus silat hancur.

Karir Tatang kembali bersinar setelah ia membuat komik dengan tokoh Punakawan (Gareng, Petruk, Semar, Bagong). Pada 27 April 2003, Tatang S meninggal dunia. Menurut sejumlah rumor yang beredar, ia meninggal karena penyakit kencing manis. Penyakit ini diderita lantaran Tatang, yang sering kerja pada malam hari, ketagihan meminum minuman bersoda. Meski kehidupannya diliputi misteri, Tatang telah mendedikasikan seluruh hidupnya untuk komik Indonesia. Komik Petruk Gareng ini telah menorehkan kenangan tersendiri bagi yang pernah membacanya salah satunya saya.

Saya terpikir kok sekarang gak ada lagi Tatang S. yang lain ya? cerita yang dibawakan itu Indonesia banget. dan banyak makna yang ada di dalamnya.
berikut foto-foto karya Tatang S. (Petruk)

Advertisements

4 comments on “Komikus Indonesia (Tatang S.)

  1. Halo mas Agus. Sy kira masih cukup banyak komikus/calon komikus yg Indonesia banget. Sy mngkn slh satunya. Sy lahi mengarah membuat komik Indonesia yang Indonesia. Klo ada yang punya naskah semacam cerita Petruk-Gareng atau cerita lainnya yg Indonesia, silakan info.

    • ok mas,,nanti di info dech mas..klo ceritanya kayag novel gitu bisa gak dijadiin komik mas??temen saya hobi kali nulis cerita2 kayag novel gitu mas

      • ya bisa. komik kan cerita termasuk novel yg ditransformasikan dengan bahasa visual. ok, ditunggu infonya. btw domisili dimana mas? sy sebagian waktu di bogor , di waktu lain di madiun, asli sih jateng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s