Trik Mempercepat Kinerja Laptop dengan Mudah


performance Laptop merupakan komputer dengan teknologi lebih kecil dibandingkan dengan PC. Sehingga diperlukan presisi dan akurasi yang sangat tinggi untuk mengoptimalkan kinerjanya. Jika terlalu lama menggunakan Laptop maka akan mengurangi kinerja dari Laptop tersebut. Salah satunya yaitu saluran pembuangan panas dari prosesor yang tidak bekerja maksimal.

Semakin panas Prosesor maka akan mengurangi kinerja dari Latop tersebut. Semakin dingin juga berbahaya karena akan menimbulkan air pada komponen rangkaian listriknya. Jadi yang ideal yaitu Prosesor dalam kondisi dingin dan tidak menimbulkan cairan/air.
Kasus yang saya alami yaitu Laptop saya sering Lag (melambat) bahkan kadang Hang untuk bermain Game PES 2013. Padahal Laptop saya sudah memakain Prosesor Intel Core I5, RAM 4 GB, VGA nVidia Geforce GT 630M 2 GB dan Hardisk 500 GB. Sebelumnya saya menduga kalau ini terjadi karena bottleneck pada Hardisk. Saya coba kosongkan Hardisk, namun masih juga sama yaitu tetap Lambat. Gejala lainnya yaitu pada Saluran Pembuangan Hawa Panas temperaturnya sangat tinggi.

Saya coba dengan membersihkan saringan hawa panas dengan menembakkan kompressor untuk menambah angin ban mobil. Dengan menyemprotkannya pada fan di headsink seperti gambar di bawah. Hasilnya, Laptop saya bekerja normal seperti baru lagi. Ternyata abu yang melekat pada kipas headsink tersebut berpengaruh besar terhadap kinerja Laptop. Seperti yang sudah saya kemukakan di atas, bahwa laptop itu sangat sensitif.

Membersihkan Kipas Headsink

Gambar . Membersihkan Kipas Headsink dengan Kompressor

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s