Langkah-langkah yang bisa dilakukan ketika Flashdisk tidak terbaca


LENOVO P780 8GB – Deep Black

A. Cobalah di Komputer / USB yang lain Bisa saja port USB yang anda gunakan memang rusak, jadi cobalah dahulu di pc yang lain atau port USB yang lain B. Lakukan Format, ada beberapa cara memformat Flashdisk, diantaranya yaitu : 1. Format di Windows Explorer Klik Kanan Start explorer, klik kanan drive, Format – start 2. Format Melalui Disk Management Klik kanan My Computer > Manage dan di pilih Disk Management, klik kanan drive lalu Format 3. Format lewat under DOS Hal ini dilakukan karena MBR (Master Boot of Record) Flashdisk yg bermasalah , caranya Ketik chkdsk /f E: (dimana E adalah drive flashdisk) buang file yang ada pada Flash Disk dengan perintah Del drive letter:*.* contoh ketik: DEL E:*.* Lalu format dengan perintah Dos Promt. Format E: 4. Format dengan software atau Tools, seperti :

I. HP USB Storage Formatter Tools Langkahnya, yaitu: 1. Install aplikasi tersebut, rekomendasi OS yang digunakan adalah Microsoft Windows 2000, Windows 2003 Server dan Novel Netware, 2. Masukkan flashdisk yang bermasalah ke salah satu port USB. Pastikan flashdisk anda terdeteksi dan memperoleh alokasi drive di Windows, 3. Jalankan aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool 4. Tentukan drive tempat flashdisk terpasang, 5. Pilih Create New or Replace Existing Configuration untuk membuat partisi baru baru dan menghapus konfigurasi yang ada di flashdisk, 6. Format flashdisk anda sesuai dengan file sistem yang diinginkan. II. Testdisk-6.10 Tools ini biasa digunakan untuk mengembalikan data – data yg kehapus di FD akibat format tapi juga bisa buat FD yg MBRnya bermasalah (cara penggunaannya find by googling), Tool-tool lain yang bisa digunakan diataranya LLFsetup2.36.1181, Format, dll 4. Format flashdisk melalui Linux/LiveCD Linux Langkah yang harus dilakukan: 1. Booting komputer menggunakan LiveCD Linux, misal Slax KillBill, Knoppix atau distro lainnya, 2. Setelah login ke sistem, masukkan flashdisk yang bermasalah tadi ke salah satu port USB. Demi keamanan data, pastikan hanya flashdisk yang bermasalah saja yang terpasang, 3. Pastikan flashdisk anda terdeteksi, atau setidaknya indikator led nyala, 4. Masuk ke console 5. Pada console jalankan cfdisk /dev/sda1 (sesuaikan dengan flashdisk ke berapa yang terpasang), 6. Delete atau hapus partisi pada flashdisk, 7. Buat partisi baru dengan memilih Create New | Write, 8. Simpan perubahan yang baru saja anda lakukan, 9. Format flashdisk dengan cara mengetikan perintah mkfs.vfat-f32 /dev/sda1 di console. 10. Flashdisk anda telah memiliki partisi baru, sehingga bisa digunakan kembali baik di Linux maupun di Windows. C. Mengganti Drive Letter Flashdisk Klik kanan My Computer > Manage dan di pilih Disk Management Contoh jika drive Flashdisk anda adalah F, klik kanan Drive F: ( flashdisk anda), kemudian pilih menu Change Drive Letter and Path for F: rubah dengan drive lain contoh rubah dengan drive G. D. Solder Kembali Komponen Flashdisk Kalo yang ini tips dari temen saya, komponen yang ada pada flashdisk di re solder, tapi lakukan dengan hati-hati, jangan sampai malah merusak board atau komponen flashdisk yang lain. E. Program ulang Mikrokontroller Flashdisk Cara ini mungkin agak sedikit extreme, jika memang solusi garansi sudah tidak ada. Mikrokontroller mengendalikan segala aktifitas pembacaan dan penulisan pada flashdisk. Caranya buka flashdisk anda, dalam hal ini saya contohkan Flashdisk dengan merek Transcend seri Jetflash V30, di situ terlihat ada dua komponen berwarna gelap yang berbentuk segi empat. Komponen yang lebih besar adalah modul memory, modul memory tersebut menentukan besarnya kapasitas flashdisk. Komponen yang lebih kecil adalah mikrokontroller. Merek dari mikrokontrollernya adalah ALCOR-AU6982. Merek dan serinya terlihat di board Mikrokontolernya, search ke google dengan nama “alcor AU6982 flash”, Download Toolnya lalu jalankan. gambarnya : Tips Flash Disk Supaya Kebal dari Malware 1. Buat agar windows explorer menampilkan semua file, termasuk file yang disembunyikan. Caranya buka di folder option, lalu show hidden file termasuk recommedednya dilepas centangnya. 2. Buka USB Flash disk (pastikan sudah bebas dari virus-virus jahat). Hapus file autorun.inf yang ada. 3. Buat folder baru dengan nama “autorun.inf” 4. Masuk ke folder yang baru saja dibuat. 5. Buat file teks biasa pakai notepad dengan nama sembarangan. Nanti, nama file itu akan diubah dengan karakter-karakter dari bahsa Jepang, Korea, atau China. 6. Kalau anda sudah instal Microsoft Office, coba buka di Character Map di Start, program, Accessories, System Tools, Character Map. Pilih font (Arial Unicode MS). Scroll kebawah sampai anda menemukan karakter-karakter Jepang, Korea, atau Cina. Klik ganda pada karakter yang dipilih. Beri saja 5 karakter untuk nama file. 7. Klik copy 8. Setelah itu, ubah nama (rename) file teks yang sudah dibuat. Klik kanan pada file, lalu klik rename. 9. Tekan Ctrl + V untuk melakukan paste. Nama file pun sudah pakai karakter-karakter yang dipilih. bisa jadi yang muncul bukan huruf jepang, cina atau korea tapi kotak-kotak. Tidak apa apa itu normal. 10. Selesai. Flash Disk anda sekarang sudah aman dari malware. Kenapa Aman? Soalnya, malware tidak bisa membuat file autorun.inf. Dalam satu folder windows, tidak ada boleh nama file yang sama, bukan? Karena nama autorun.inf sudah kita pakai, malware tidak bisa pakai nama file itu. Pembuatan file teks dengan nama file menggunakan karakter dari bahasa jepang, korea, atau cina pun ada lasannya. Malware biasanya tidak mendukung Unicode sehingga karakter-karakter jepang, Korea, dan Cina pun tetap dianggap karakter windows. Malware pun akan gagal menghapus file itu. Tips mengamanakan file di flashdisk dari serangan virus Caranya: buat sebuah folder dan beri nama dengan awalan berupa karakter-karakter spesial ASCII (cara dilakukan dengan menekan alt tahan lalu 3 angka di bagian num lock lepaskan). Contoh alt + 123 = { alt + 234 = Ω alt + 235 = δ Lalu letakkan file-file anda di folder tersebut Tips Perawatan Flashdisk 1. Hindarkan dari panas langsung atau tidak langsung 2. Hindarkan dari air. 3. Jauhkan dari medan magnet. 4. Hindari benturan yang keras. 5. Tutup selalu. 6. Lakukan prosedur eject atau stop. Jika ditaksbar Safely Remove Hardware-nya tidak bisa diakses coba gunakan mini aplikasi portable Usb Disk Ejector 1.1.2 7. Minimalisasi proses hapus tulis. 8. Lakukan scan virus (hindari Komputer bervirus) 9. Jangan melakukan pengeditan langsung pada flashdisk 10. Lakukan drefagment secara teratur. Kemungkinan lainnya adalah jika metal usb nya dipegang tangan, kemungkinan listrik statis ditangan dapat merusak komponen elekstris pada Flashdisk, yaitu terjadi gangguan mikrokontroller Flashdisk sehingga harus diprogram ulang. Sumber: eikichifurusawa
Buku

99 thoughts on “Langkah-langkah yang bisa dilakukan ketika Flashdisk tidak terbaca

  1. bro flash gw yg rusak, nama file sama foldernya kok jadi ga jelas gitu, gimana ngatasi masalah yang ini?
    Thanks

  2. gini mslhx,flash disk q tuh gak bsa ter baca komputer q, tp klo komputer lain bsa kok..!!!
    n lbh unikx lg klo fd yg lain dpsng lngsg ter baca di komputer q,,,,,,,!!!!
    q mhn bantuanx ya n bri imfo secepatnya……

  3. hallo…minta tips bagaimana caranya memperbaiki flashdisk yang semua isinya jadi shortcut?
    tolong ya…thanx bgt

  4. Mas,minta bantuan boleh yaa,ga tau soale mau tanya siapa lagi hiks hiks,USB sy ga bisa terbaca,setiap di klik di removable disk,dilayar muncul tulisan Please insert a dist into removable disk F:

    Saya sudah coba pindahin USB-nya ke laptop,tapi muncul tulisan itu juga.

    Mohon bantuannya,soale di USB itu ada data PENTING banget, terimakasih ya mas Agus sebelumnya.

    Dina

    Nb.:aku takut kalu di format data hilang ga bisa balik lagi,helpppp

    1. mbak flashnya apa sudah bisa digunakan ,, soalnya saya juga mengalami hal yang sama , mohon infonya.. trims

  5. mas, knpa y file di flash disk saya gag bisa dbaca beberapa file dlam folder gag keliatan
    filex jg gag bisa d hapus
    apa yg mesti sy lakukan?

    1. kena virus tuh…coba buka folder option, kemudian buka view, lalu centang show hidden file, folder and drives, kemudian ilangkan centang pada hide protected file system..kemudian liat apa masih ada file dalam flasdisknya. klo emang terhidden selamatkan atau backup file2 penting tersebut kemudian format saja lagi flasdisknya..untuk mengembalikan file yg terhidden tau kan??

  6. makasih mas. setelah membaca aguswibowo.wordpress.com file di flasdisk yg terhiden ditemukan kembali. sukses buat mas agus

  7. Mas, flasdisku knapa ya ga terbaca sama sekali di PC (drive E nya ga muncul) tapi lampu indikator di flasdik nyala (aku pake sandisk cruzer), trimakasih sebelumnya.

      1. Saran dari Mas Agus sudah saya coba, dan hasilnya tetep ga kebaca di Disk Management, sy coba juga di pc lain, sama aja, cuma lampu aja yg tetep nyala….piye yo Mas…

      2. Mas,bagaimana caranya mengatasi flash disk yang lampu detectornya hidup tapi isinya nggak terbaca…………….

      3. mas, kenapa ya ?, data diplasdisc sy ga bs dibuka, malah klo di buka munul huruf y smua, trim’s

  8. Falsh disk-ku sebeleumnya normal-normal aja, tapi hari ini koq isi file-nya gak kebaca sedangkan Flashdisk-nya tetap ke-detect di komputer ? minta solusinya mas! trims sebelumnya

  9. Flash dish saya hampir rusak karena asal cabut aja di komputer trus ga ke detect untung aja gw coba cara di atas akhirnya bisa thanks, makasi berat bos atas cara-caranya

  10. mau tanya… flashdisk qu klo di colok ke komuter kok muncul tulisan “USB device not recognized”… itu kenapa ya? tolong solusinya dong…! sebelumnya terima kasih….

  11. mau tanya… flashdisk qu klo di colok ke komputer kok muncul tulisan “USB device not recognized”… itu kenapa ya? tolong solusinya dong…! sebelumnya terima kasih….

  12. gan flasdisk gw ega k’baca ne ……!
    flasdisk gw detec n’y kox kek gni
    Removable Disk (E:) tulisann’y….. trus kalo di buka malah minta format…..
    g mn ne gan kasi donx solusinya………

    kalo d format mati dah gw ,,,abis data penting gw ”’mohon bantuannya segera gan……..

  13. asslmlkm

    mas mw tya nihh ..
    flesdis aku tba2 ga kedetect gitu . pdahal lampu indikatornya nyala .
    mana isi fledisnya tuh laporan akhir dan aku ga punya backupannya .
    plisss yaaa mas bantuannya .
    trims sblumnya .

  14. Mas mau nanya, flashdisk ku data2 ama folder2nya di hidden gitu, terus namanya brubah jd aneh. Pas di scan ga ada virusnya, sebelumnya fd aku ne langsung cabut aja, gimana cara ngatasinya ?

  15. awalnya saya memasukan kode diflash disk saya.flash disk saya dan pc gak masalah.yg jadi masalah flash disk yg lain kok jadi tdk mau terbaca.bagaimana solusinya ya…?

  16. flashdisk saya(8Gb) kemaren masih baik, tapi sekarang ga bisa apa2, setelah dicolok ga ada bunyi apa2. Setelah saya masukin flashdisk lain(1gb), ternyata bisa, artinya flash disk saya yg 8gb yang bermasalah bukan komputernya. ada solusi mas?

  17. kalau punya saya gini mas…komputer tidak bisa deteksi Flash disk apapun…tapi kalau card reader masih bisa…saya pake winXP SP2 pada dualcore ram 2Gb….mohon pencerahannya….trims…

  18. mas bagaimana caranya tidak bisa terbaca dan tidak bisa di format. apakah ada software atau cara lain untuk mem-format selain di my computer. Terima kasih ..

  19. mas bagaimana caranya flash disk yang tidak bisa terbaca dan tidak bisa di format. apakah ada software atau cara lain untuk mem-format selain di my computer. Terima kasih ..

  20. bro….
    kalo flash tidak terbaca dlaptop, colokin k laptop laen yang sama2 win7 bisa, flash laen dcolokan k laptop saya bisa kebaca, kalo laptop saya bikin safe mode tu flash baru bs kebaca…
    masalahnya dmn ya?pa kudu instal ulang windows????thanx bro…

  21. bos saya tidak mengerti
    kesalahan nya
    program dalam flaskdisk yg tdk mati kan
    dan saya langsung mencabut flashdisk saya
    jadi flashdisk saya tidak terbaca
    mohon dibantu,,,,

  22. bos mau tanya ni..
    masih bisa kah saya wt nny?
    gn permasalahanya,klo flashdisk q tu kebaca di tray icon pojok kanan bawah,tp drive letter nya kaga ada..
    dicheck pake management sama aja g ada,pake aplikasi apapun g bisa,karna flashdisk harus ada drive letter nya.
    nah ada solusi kah?
    kirim email ke sieozujr@yahoo.com..
    maaf klo bnyk nny,nnt saya check web ini lg..
    makasih sebelumnya..

  23. bos mau tanya nih..flashdisk ku ga terbaca,sy dah coba sesuai petunjuk di atas, difolder option,tp ttp ga muncul,tp di cek properties ada file 330 mb.. gmn solusinya tolong please…supaya file selamat….kalau bisa tlg email saya terima ksih….

  24. aq mao tanya setiap aq masukin FD apa aja dikomputer aq bisa kebaca tapi pas mao copy dari FD kkomputer ntu FDnya langsung kosong selalu kaya gitu padahal FDnya uda aq scan truz uda di check disk tapi te2p kaya gitu juga, please help me?????????

  25. mas…
    saya mau tanya..
    ”kenapa file di flashdisc Ku gk bisa ke baca di laptop,tapi dikomputer warnet bisa(abis ngopy permainan)…isi foldernya kosong..tp kapasitas flasdisc kepakai,tulisannya,,”this folder is empety”
    mohon petunjuknya..

    1. kena virus tuh mas…jalankan pake cmd mas…tekan windows+R lalu ketik cmd, kemudian ketik drive tempat flashdisk tsb, jika di drive G ketik g: kemudian ketik attrib -s -h /s /d lalu tekan enter…semoga berhasil

  26. asss
    plashdish yang terbaca lagi gmn ya mas
    klo plasdishnya di masukin “usb devise not recognized” katanya
    knp ya mas???????
    mohon kemurahan hatinya……….

  27. assalamualaikum
    mas mau tanya tentang masalah flashdisk.
    ceritanya begini mas…
    kemarin sore saya habis main di warnet untuk mencari info penting,
    setelah info cukup saya dapat dan saya simpan di flashdisk, saya langsung meluncur pulang karena hari sudah larut malam.
    nah, di tengah perjalanan pulang, tanpa sengaja flashdisk saya terjatuh dan dalam waktu singkat ada sebuah truk lewat langsung melindas dan menggilas flashdisk saya.

    yang saya tanyakan?
    apakah data yang ada didalam flashdisk bisa terselamatkan kembali jika keadaan fisik flashdisk sudah hancur dan progam apa yang dapat meperbaiki flashdisk kesayangan saya itu.
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih
    wassalamuaalikum

    1. waalaikummussalam..tragis sekali ya flasdisknya…mungkin bisa klo dibalikin ke pabriknya mas..perlu ilmu yang luas tuh mas..jadi klo untuk ahli2 komputer mungkin gak bakalan bisa mas.soalnya flasdisknya juga udah rinsek..

      1. Menurut Ane, kndisi fsik FDD yg hancur asalkan IC g rsak tetap msh bs d gunakan tu FDD…
        dngan mngganti kepala Connector atau mencabut IC dan mengkanibalkanny ke lain FDD (biasany cm untuk DATA yg sangat penting sekali)

  28. mas mw tanya tntang kerusakan flash drif saya, ada yg bilang d serang firus ciri kerusakannya flash drifnya
    1. ketika di buka ada tulisan “please insert a disk into drif f”
    2. ketika di klik kanan, properties, tab general di use space dan free spacenya kosong. pada awalnya fd saya ada 4 gb memory sekarang dah gak ada
    3. ketika di tap hardware, plih fd, trus klik properti, jendela baru d tab volumes trus klik populate tertulis ajaibnya capacity & unalucated terdeteksi 3820 mb
    4. ketika saya gunakan recovery fat32 terbaca semua data saya yg hnpir 4 gb tapi jengkelnya softwarex demo jadi gak bisa d ambil datanya sementara di sofware recover yang lain gak bisa ngbaca fd saya, jadi solusinya gimana ngembalikan memory yang hilang, atau minimal kembalikan data yang hilang tsb, trimakasih jika bisa d jawab permasalahanya

  29. mas mw tanya tntang kerusakan flash drif saya, ada yg bilang d serang firus ciri kerusakannya flash drifnya
    1. ketika di buka ada tulisan “please insert a disk into drif f”
    2. ketika di klik kanan, properties, tab general di use space dan free spacenya kosong. pada awalnya fd saya ada 4 gb memory sekarang dah gak ada
    3. ketika di tap hardware, plih fd, trus klik properti, jendela baru d tab volumes trus klik populate tertulis ajaibnya capacity & unalucated terdeteksi 3820 mb
    4. ketika saya gunakan recovery fat32 terbaca semua data saya yg hnpir 4 gb tapi jengkelnya softwarex demo jadi gak bisa d ambil datanya sementara di sofware recover yang lain gak bisa ngbaca fd saya, jadi solusinya gimana ngembalikan memory yang hilang, atau minimal kembalikan data yang hilang tsb, trimakasih jika bisa d jawab permasalahanya

  30. mas lambu flasdisk saya selalu menyala saat di colok,,,,
    trus di my computer gk terbaca flasdisknya,,,,,
    mohon solusinya mass…….

  31. tulungin bos….
    Flashdiskku ga kbaca sma skali nih…
    HP v240b…
    drive letter ga ada, trus icon ga muncul….
    knapa tuh flashdisk bos???
    skali lagi, tulungin bos…

  32. sy mau nanya ni.. knapa flashdisk tdk bisa dibaca, pas dicolok yg tmpil tu “USB CAN NOT RECOGNIZED” mohon dibantu.. terima kasih..

  33. dear mas agus
    mas aku mau tanya flesdisku kenapa namanya beda2 kalu di colok di komputer .misal komputerku di kantor dia namanya “kingston D” tapi kalau di rumah namanya “kingston E”.yang jadi masalah kalau di buka di rumah dengan nama kingston E datanya nga kebuka semua softwear yang aku udah copy.tolong bantuanya

    thanks
    agung

    1. klo masalah berubah nama gak masalah mas, yg bermasalah tuh yg datanya ilang..tp mungkin tuh kerjaan virus yg ngehidden file kita..coba search aja di google cara memunculkan file superhidden mas.

  34. mas agus, flashdisku merek muscle power, keadaan idup/nyala tp klo di buka ada tulisan please insert disk mulu 😦
    ada solusi nya gak mas?

  35. mas fd ku pake code,pas kemarin di pake tp saya ngelepas ga di eject dlu.pas di masukin lagi codenya jd ga valid.mnta solusi mas coz data2nya buat UAS.

  36. bos Aku mau tanya nih,laptopku kalo di masukin memory card hp, kok foldernya jadi berubah sortcut.tadinya di handpone normal,stlh di masukan laptop folder jadi sortcut..gmn cara mengatasiny?

  37. kanapa pandrive saya tak boleh format / delete ea.sy pernah masukan lagu..cume suku lagu je yang dapat masuk…lepas tu..saya nak delete n format tak boleh n msuk kan lagu lagi pn da tak boleh.tapi lagu nya boleh play….sy tak tahu nk buat apa..leh tolg sy bg tau pe nak buat?

  38. bang flasdisk ane file folder nya ga bisa ke baca tp pas di scan anti firus ada data nya pas di buka file nya ga ada di coba hiden file tetep ga ada gmn tuh…

  39. Bang aku punya FD merk Sony Vaio (di bodynya tulisannya gitu). Qra2 merk IC Controllernya apa ya? Soalnya ga kebaca di kompi. Makasih atas bantuannya……

  40. mas kenapa ya flashdisk saya terbaca,,, jika saya meminta data dari teman saya terus foldernya ada tapi file nya hilang

  41. saya menggunakan 3s usb sorting flash..untuk flash ulang memori flashdisk saya,,tapi kenapa size nya jadi 13MB(semula 2gb),,mohon pencerahannya

  42. mas mohon bantuannya dong…….plasdisk sy waktu dicolokin kebaca…tapi saat dibuka keluar perintah memformat,,kalau diformat tentu dta dalam plastik ikut hilang tlonnnng batuannya mas, trims

  43. Mas Mau tanya , saya abis ngopy film trus , setelah saya buka di laptop flasdisknya eror Foldernya ada tapi filenya hilang tulisannya gini ”this folder is empty”, tapi spacenya kepakai,,,,
    itu udah saya hapus foldernya ga bisa, tapi kalo di format bisa.

    itu saya udah googling ..
    1. katanya pakai cmd attrib tetep ga bisa
    2. udah software hp usbdisk strorage format tools tetep ga bisa
    3. udah saya scan antivirus ga ke detek
    4. udah saya show hidden tetep ga bisa

    minta solusinya dong mass… terimakasih

  44. Mas, Flash disk saya filenya berubah jadi shortcut, lalu file2 yang jadi shortcut tersebut saya move ke harddisk, FD saya lalu saya format, kemudian file (yang jadi shotcut) tersebut saya pindah lagi ke fd saya. Saya buka filenya tapi tidak bisa mas. Gimana ya mas solusinya? Mohon bantuannya. Terima kasih..

    1. Mas Punya flasdisk yang pertama terinfeksi firus shtcut dia harus di scan dgn ativirus smadav..file itu hanya terhiden sj.

  45. maaf, saya mau nanya,
    saya punya flashdisk dengan memori 4GB. di windows explorer juga tertulis 4GB. padahal saya baru pakai 472 MB, tapi sisanya tinggal 443 MB free dari 4GB. berarti ada sisa memori yang hilang dong?

  46. flashdisk saya baru trus saya format karena ada isinya trus flashdisknya saya buka lagi kemudian malah nggak bisa kebuka.trus gimana dong?

  47. FD q terbaca di laptop sendiri, tapi untuk kabel data n FD orang lain ga terbaca…itu knpa ya mas ? solusinya gmna ?? makasih 🙂

  48. Mas, pertamanya flashdisk saya mau kebaca di laptop trus tak colokin ke laptop teman sya eh malah nggak kebaca. stlah itu tak colokin lagi ke laptop sya nggak mau kebaca jga. apanya yng rusak mas ?

  49. mw tanya..
    kmrn sy beli flasdis baru merk Samsung trz sy pindahkan ke lagu dr PC ke flasdis tp knp lagu yg sudah di FD bnyk yg ga kebaca.??
    sy pindahin ke Lepi tp ttp bgtu jg knp yah.??

    1. Mau tanya dong. Kan flashdisk saya dipinjam teman, terus saya masukkin flashdik ke laptop, banyak folder2 yang aneh (mungkin virus) salah satu nama foldernya SICHOST. Terus saya buka2 folder/file tsbt karena gatau itu virus, pas saya buka kok ga bisa dibuka trs saya hapus, gabisa dihapus. Yasudah saya format, ttp ga bisa. Akhirnya aku serch di google, pakai cara yg RUN, habis itu diformat kan ya. Terus pas saya cek flshdisk saya jd ga kebaca tp di bar ada gambar flshdsk tulisannya “safely remove hardware and eject media”. Terus skrg di bar laptop saya juga ada virus yg tadi lagi. Kira kira gimana cara perbaikinnya ya? Tolong dibalas yaaa

  50. saya punya flesdhis Otg sandisk 64gb.
    saya sambungkan ke perangkat Hp & PC bisa konek dan terbaca.
    tapi saya sambungkan me TV yang suport USB tidak terdeteksi/ terbaca
    coba saya diamkan lama juga tidak kunjung terbaca sampe flesdhis saya panas.
    teman saya juga punya sandisk sama seperti punya saya tapi punya dia bisa di sambungkan Ke TV yang saya pakek dan terbaca?
    kira” permasalahan Nya apa ya? mohon saran dan solusi

  51. saya punya flesdhis Otg sandisk 64gb.
    saya sambungkan ke perangkat Hp & PC bisa konek dan terbaca.
    tapi saya sambungkan me TV yang suport USB tidak terdeteksi/ terbaca
    coba saya diamkan lama juga tidak kunjung terbaca sampe flesdhis saya panas.
    teman saya juga punya sandisk sama seperti punya saya tapi punya dia bisa di sambungkan Ke TV yang saya pakek dan terbaca?
    kira” permasalahan Nya apa ya? mohon saran dan solusi nya

  52. salam kenal, mohon bantuannya, flashdisk saya toshiba 16GB sya i/o error. hal ini terjadi setelah saya gagal memebuat bootable windows 7, ketika sedang proses formating.. flasdisk dicabut oleh anak, ketika proses saya ulang flash disk sudah i/o error… saat ini sudah saya coba perbaiki dengan HD Low format tools, dan diskpart alhasil minta diformat terus dan muncul raw data, mohon petunjuknya….

Leave a comment